pb.uin-suska.ac.id (27/07/2023), Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UIN Suska Riau sukses menyelenggarakan pelatihan Bahasa Arab dasar untuk Dosen Umum dan Tenaga Kependidikan yang bertempat di Hotel Evo Pekanbaru. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama empat hari dimulai dari tanggal 24 sampai dengan 27 juli tahun 2023 fullday dari pukul 07:45 sampai dengan 17:00 WIB. Acara ini diselenggarakan atas permintaan Dosen-dosen dari fakultas Saintek, Ekonomi, Pertanian, dan Psikologi UIN SUSKA Riau setahun yang lalu yang merasakan pentingnya bahasa Arab.

Pelatihan ini dihadiri oleh 47 peserta yang berasal dari utusan fakultas dan unit lembaga di lingkungan UIN Suska Riau serta dua orang peserta eksternal dari Lembanga Permasyarakatan (LAPAS) Kelas 2A Pekanbaru dan SMPIT Future Islamic School (FIS). Sebagai instruktur pelatihan yang berhasil dirangkul oleh Pusat Pengembangan Bahasa UIN Suska Riau adalah Ustadzah Istianatul Khairiyah, S.Pd, dari Lembaga Kaligrafi (LEMKA) yang fokus pelatihan pada Fonologi; pengenalan huruf, cara membaca dan menulis huruf Arab. Ustadz Yani Hamdani, S.S.I, Lc., dari Ma’had El Haqqa sebuah lembaga pendidikan pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab yang mempersiapkan calon Mahasiwa yang ingin melanjutkan study ke Timur Tengah, fokus pelatihan pada Morfologi; Isim, Fi’il, Huruf. Ustadz Muhammad Abduh, M.Pd.I., C.PS, C.Ht, dari Khoiru Ummah Islamic Boarding School, fokus pelatihan pada Sintaksis; kalimat verba dan kalimat nomina, dan Ust. Abdul Gani, S.Pd.I, M.Ed alumni S2 Universitas Khartoum Internasional Institute For Arabic Languange (KIIFAL) Sudan, dan juga merupakan alumni S1 UIN SUSKA Riau Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Pendidikan Bahasa Arab, serta pendiri dan pimpinan Markaz Fahmil Lughotil Arabiyyah wa Hifziha (Mafazah Arabiyyah) Kursus Bahasa Arab, Bangkinang-Kampar, mendampingi Ustadz Alfitri, Lc., M.Pd, yang merupakan anggota komisi fatwa MUI Provinsi juga sebagai Dosen pada Universitas Islam Riau, fokus pelatihan pada Semantik; Makna asli dan makna majazi.

Kepala P2B UIN SUSKA Riau Drs. H. Promadi, M.A, Ph.D  mengatakan bahwa pelatihan Bahasa Arab untuk Dosen umum dan Tenaga Kependidikan secara umum bertujuan agar peserta memiliki pengetahuan dasar Bahasa Arab serta keterampilan dasar untuk berkomunikasi dalam bahasa Arab terkait dengan pengembangan tugas-tugas.

Semua peserta antusias mengikuti pelatihan bahasa Arab, baik itu bahasa Arab Fusha maupun Amiyah yang mana bahasa Arab Fusha adalah bahasa Al Qur’an, bahasa Arab yang paling lurus yang banyak digunakan dalam situasi resmi seperti penyampaian ilmu di masjid maupun sekolah, rapat, dan yang sejenisnya, bahasa ini menggunakan kaidah-kaidah ilmu Nahwu dan Sharaf. Sedangkan bahasa Arab Amiyah merupakan bahasa Arab yang tidak berada di atas kaidah ilmu nahwu dan sharaf. Oleh karena itu, bahasa ini lebih mudah diucapkan dan dipelajari. Bahasa ini digunakan dalam percakapan sehari-hari yang tidak bersifat resmi seperti ketika berada di pasar, di rumah, dan yang sejenisnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *